PENURUNAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI PERMAINAN MEMASUKKAN PENSIL KE DALAM BOTOL DI TKLB

Linda Romawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menurunkan perilaku hiperaktif melalui permainan memasukkan pensil ke dalam botol pada anak tunarungu kelas TKLB SLB Islam Qothrunnada. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa tunarungu kelas TK berjumlah 1 subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan perilaku hiperaktif melalui permainan memasukkan pensil ke dalam botol dapat mengurangi frekuensi perilaku hiperaktif pada anak tunarungu kelas TKLB. Peningkatan pengurangan perilaku tersebut dapat diketahui dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah tindakan. Pengurangan frekuensi perilaku hiperaktif pada anak tunarungu dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I yaitu subjek IM dari nilai pratindakan 33% meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Oleh karena itu, upaya penurunan perilaku hiperaktif memasukkan pensil ke dalam botol dapat menurunkan frekuensi perilaku hiperaktif pada anak tunarungu kelas TKLB.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter