PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FINGER PAINTING UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III C1 DI SLB N 1 SLEMAN

Andayu Kintamani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dengan menggunakan media finger painting pada siswa kelas III C1 di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa tunagrahita sedang kelas III. Objek penelitian ini adalah kemampuan motorik halus. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan motorik halus, observasi partisipasi siswa dan kinerja guru serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah komparatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa antusias mengikuti instruksi guru. Hasil pra tindakan kemampuan motorik halus seluruh siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 64,06. Setelah tindakan siklus I dilaksanakan, 3 siswa mengalami peningkatan meskipun belum mencapai KKM. Pada tindakan siklus II seluruh siswa mengalami peningkatan nilai dan mencapai KKM 64,06 sebagai indikator keberhasilan dengan nilai RA 67,18 ,RH 64,06 ,WT 64,06 ,DP 76,56. Berdasarkan hasil penelitian media finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa tunagrahita sedang kelas III di SLB N 1 SLEMAN.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter