PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK AUTIS

Sindy Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil kemampuan motorik halus anak autis kelas IV di SLB Autisma Dian Amanah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan MC. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tindakan serta observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media playdough dapat meningkatkan proses dan hasil belajar motorik halus. Peningkatan dalam segi proses ditunjukan dengan hasil observasi pada partisipasi siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I partisipai siswa hanya sebesar 66,6 % meningkat menjadi 83,5 % pada siklus II. Kinerja guru pada siklus I menunjukan presentase sebesar 79,4 % dan meningkat pada siklus II menjadi 91,2 %. Adapun peningkatan kemampuan motorik halus, pada pratindakan siswa memperoleh nilai sebesar 48,5 meningkat sebesar 16,2% pada siklus I menjadi 64,7 dan pada siklus II meningkat sebesar 13,3% .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter