EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PATAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Rizky Damarsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media PATAMA (Papan Pintar Matematika) terhadap prestasi belajar matematika pada anak berkesulitan belajar matematika kelas II di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A2. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang mengalami kesulitan belajar matematika tentang pengurangan bilangan dua digit dengan teknik meminjam. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, pada fase baseline-1 terdapat perubahan data sebesar 0%, pada fase intervensi sebesar 50%, dan pada fase baseline-2 sebesar 5%. Tingkat data yang tumpang tindih adalah sebesar 0% pada fase baseline-1 dan fase intervensi, serta sebesar 33,3% pada fase intervensi dan fase baseline-2, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PATAMA sangat efektif terhadap prestasi belajar matematika tentang pengurangan bilangan dua digit dengan teknik meminjam pada siswa berkesulitan belajar matematika kelas II di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter