DAMPAK KESULITAN BELAJAR MENULIS PADA ASPEK SOSIAL-EMOSI SISWA KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH BODON, BANTUL

Siti Latifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kesulitan belajar menulis pada aspek sosial-emosi siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah Bodon, Bantul dan mendeskripsikan dinamika psikologis akibat dari kesulitan belajar menulis yang dialami.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah Bodon. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar menulis berdampak pada aspek sosial yang mencakup aspek komunikasi interpersonal, interaksi sosial, dan perilaku sosial anak terhadap lingkungan sekitarnya. Kesulitan belajar menulis juga berdampak pada aspek emosi yang berkenaan dengan emosi psikis yang mencakup perasaan sosial dan perasaan susila anak. Kesulitan belajar menulis yang dialami berpengaruh pada dinamika psikologis yang ditunjukkan dengan ketidakstabilan emosi dan adanya perubahan perilaku.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter