METODE PERMAINAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN HAMBATAN KECERDASAN KATEGORI SEDANG

Indra Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan sensorimotor untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang kelas I di SLB N 1 Sleman. Jenis penelitian ini yaitu Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A-B-A’. Subyek penelitian yaitu seorang siswa hambatan kecerdasan kategori sedang, yakni subyek KWA. Pengumpulan data menggunakan obeservasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis dalam kondisi yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif metode permainan sensorimotor terhadap konsentrasi belajar anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang yaitu adanya peningkatan konsentrasi belajar dari baseline-1 ke baseline-2 sebesar 29,56%, pada aspek aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 17,33%, sedangkan pada rentang perhatian terjadi peningkatan perhatian subjek selama 14 menit setelah diberikan intervensi. Adanya perubahan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan sensorimotor berpengaruh positif untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter