PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS III SDLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Septy Ria Risdianti

Abstract


Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa tunarungu kelas tiga dasar SLB Wiyata Dharma 1 Sleman
dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan
kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan problem based learning pada
siswa tunarungu kelas III di SDLB Wiyata Dharma 1 Sleman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian berupa perencanaan,
tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu tiga
siswa tunarungu kelas III dasar SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada
siswa tunarungu kelas dasar tiga. Pada hasil pre-test presentase rata-rata kelas sebesar 45% dengan kriteria
kurang, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 63,3% dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata
kelas meningkat menjadi 90% dan berada pada kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kemampuan operasihitung penjumlahan dan pengurangan siswa tunarungu kelas dasar tiga dapat
ditingkatkan menggunakan metode problem based learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter