PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I (SATU) MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Jumiatun -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan proses peningkatan penguasaan kosakata menggunakan media “flashcard” pada anak tunarungu kelas dDasar 1 di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa tunarungu kelas Dasar 1 yang berjumlah 2 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan kosakata menggunaan media flashcard pada anak tunarungu kelas Dasar 1 di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman mengalami peningkatan, yaitu pada tes pra tindakan subjek 1 (Lt) memperoleh nilai 20 meningkat menjadi 53 pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 77 pada tes pasca tindakan siklus II. Subjek 2 (Al) memperoleh nilai 40 pada tes pratindakan meningkat menjadi 70 pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 83 pada tes pasca tindakan siklus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter