PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI ANAK CEREBRAL PALSY KELAS VIII DI SLB PGRI SENTOLO KULON PROGO

Arih Priasworojati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan komputer anak cerebral palsy
kelas VIII di SLB PGRI Sentolo dan untuk mengetahui hambatan-hambatan serta upaya-upaya mengatasi
hambatan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam
penelitian ini adalah satu anak cerebral palsy kelas VIII dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dalam pembelajaran keterampilan komputer yang diikuti anak cerebral palsy kelas VIII di SLB PGRI Sentolo
berdasarkan pada pilihan anak tanpa dilakukan asesmen terlebih dahulu. Guru membimbing anak secara aktif
dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan komputer. Tahap evaluasi pembelajaran belum dilaksanakan dengan
konsisten oleh guru. Hambatan dalam pembelajaran keterampilan komputer yang diikuti anak cerebral palsy
disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. Upaya guru untuk mengatasi hambatan yaitu: a) penyampaian
materi pembelajaran dilakukan bertahap, b) mengulang pokok materi pembelajaran, c) menurunkan indikator
materi pembelajaran, d) memberikan catatan materi pembelajaran, e) membantu mengangkat kursi roda.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter