IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Winda Andriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan program pendidikan inklusif di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan, (2) proses implementasi pendidikan inklusif di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan, (3) evaluasi pendidikan inklusif di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator inklusi dan guru pendamping khusus SD Taman Muda Ibu Pawiyatan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun perencanaan berupa program kerja guru pendamping khusus yang berisi agenda kegiatan-kegiatan siswa berkebutuhan khusus selama satu tahun. Proses implementasi meliputi tenaga pendidik kependidikan, kurikulum yang digunakan dan sarana prasarana untuk sekolah inklusif. Evaluasi pendidikan inklusif di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan dilaksanakan setiap enam bulan sekali sebelum penerimaan raport.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter