SIKAP GURU KELAS TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF WILAYAH KABUPATEN MAGELANG

Amin Mustofa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap guru kelas terhadap anak berkebutuhan
khusus di sekolah dasar inklusif wilayah Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang ada
di tiga sekolah dasar inklusif wilayah Kabupaten Magelang. Objek penelitian ini berupa sikap guru kelas
terhadap anak berkebutuhan khusus. Penelitian bertempat di tiga sekolah dasar inklusif wilayah
Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala sikap guru kelas terhadap
anak berkebutuhan khusus. Metode menganalisis data yang digunakan adalah teknis analisis data
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 25% guru kelas memiliki sikap terhadap
anak berkebutuhan khusus kategori sangat baik, 70,83% guru kelas memiliki sikap terhadap anak
berkebutuhan khusus kategori baik, 4,17% guru kelas memiliki sikap terhadap anak berkebutuhan khusus
dalam kategori sangat buruk. Sikap guru kelas terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar
inklusif secara rata-rata berada dalam kategori baik. (2) Sikap guru kelas berdasarkan gender menujukan
bahwa guru wanita dan guru pria memiliki rata-rata skor sikap kategori baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter