KOLABORASI GURU REGULER DENGAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI KELAS 1 SD TAMAN MUDA YOGYAKARTA

Nurul Chomza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi guru reguler dengan guru pendamping khusus
dalam layanan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi kelas 1 SD Taman Muda Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu guru kelas 1 dan guru pendamping
khusus sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data
dengan teknik triangulasi subyek dan melakukan member check. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian
data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas satu SD Taman Muda Yogyakarta, guru
reguler telah melaksanakan kolaborasi dengan guru pendamping khusus sekolah. Guru reguler dengan guru
pendamping khusus saling berinteraksi dan terbuka terhadap permasalahan yang dihadapi terkait pembelajaran
anak berkebutuhan khusus di kelas satu. Kendala yang dihadapi guru reguler dengan guru pendamping khusus
sekolah yaitu kesulitan dalam penyusunan program pembelajaran individual, karena jumlah anak berkebutuhan
khusus di kelas 1 SD Taman Muda yang terlalu banyak, yaitu 7 anak berkebutuhan khusus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter