PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNANETRA DI SMP EKAKAPTI KARANGMOJO DAN SLB BAKTI PUTRA NGAWIS

Ginanjar Rohmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyesuaian diri anak tunanetra di SMP Ekakapti Karangmojo dan SLB Bakti Putra Ngawis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian berjumlah dua anak tunanetra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif model Males dan Hiberman. Hasil penelitian menunjukkan bentuk penyesuaian diri anak tunanetra di sekolah dapat beraneka ragam. Subjek penelitian HI memiliki penyesuaian diri positif di SMP Ekakapti Karangmojo, sedangkan subjek penelitian DWS memiliki penyesuaian diri negatif di SLB Bakti Putra Ngawis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter