PELAKSANAAN TEKNIK MELAWAT DENGAN PENDAMPING AWAS BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Zikril Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan teknik melawat dengan pendamping awas bagi mahasiswa tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang menjadi pendamping awas mahasiswa tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada pelaksanaan teknik melawat dengan pendamping awas bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, sebagian besar subjek menggunakan teknik melawat sesuai dengan teori dan sebagian subjek lainnya belum menggunakan teknik sesuai dengan teori; (2) kendala dalam pelaksanaan teknik melawat dengan pendamping awas ketika mendampingi mahasiswa tunanetra adalah kesulitan ketika mendampingi mahasiswa tunanetra di medan yang tidak kondusif serta kesulitan menyesuaikan teknik yang akan digunakan secara tepat, selain itu kendala lainnya yang dihadapi oleh mahasiswa tunanetra adalah minimnya kepedulian warga kampus terhadap penyandang tunanetra dan pemahaman mahasiswa awas mengenai teknik melawat dengan pendamping awas masih kurang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter