PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU PADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Rachmat Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan perbendaharaan kata melalui pendekatan kontekstual siswa tunarungu
kelas I di SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart (1993: 32).
Subjek penelitian yaitu 3 siswa tunarungu kelas dasar I SDLB. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes
untuk mengukur tingkat keterampilan perbendaharaan kata subjek, teknik observasi untuk mengamati aktivitas
siswa selama proses tindakan, dan teknik dokumentasi untuk menganalisis dokumen berupa foto dan catatan
khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan perbendaharaan kata anak
tunarungu di SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan perbendaharaan
kata anak tunarungu dari hasil pra tindakan, pasca tindakan siklus I dan pasca tindakan siklus II. Hasil dari pra
tindakan subjek SLS mendapat skor 43,3%, subjek BDN mendapat skor 50% dan subjek ILM mendapatkan skor
60%. Hasil pasca tindakan siklus I subjek SLS memperoleh nilai 60%, BDN memperoleh nilai 66,7% dan ILM
memperoleh 76,7%. Setelah pelaksanaan siklus II, seluruh subjek telah mampu memenuhi KKM yang ditetapkan,
yaitu sebesar 65. Subjek SLS memperoleh skor 70%, BDN memperoleh skor 80% dan ILM memperoleh skor 85%.
Berdasarkan hasil pra tindakan, pasca tindakan siklus I dan pasca tindakan siklus II, subjek SLS meningkat sebesar
26,7%, subjek BDN meningkat sebesar 30% dan subjek ILM meningkat sebesar 25 %. Tindakan yang dilakukan
pada siklus I adalah dengan mengidentifikasi benda-benda yang ada di lingkungan sekolah dan tindakan pada
siklus II dengan pemberian contoh pengucapan dan menunjukan bendanya. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa keterampilan perbendaharaan kata dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual bagi siswa tunarungu
kelas I di SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter