PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KRIYA KAYU PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS SLEMAN

Bangun Prihanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran,
ketercapaian hasil dan kemampuan anak dalam pembelajaran keterampilan kriya kayu pada anak
tunagrahita kategori ringan di SLB Yapenas Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian
yaitu seorang guru keterampilan kriya kayu dan dua anak tunagrahita kategori ringan kelas X.
Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan
mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru
mengawal tahapan persiapan pembelajaran dengan menentukan tujuan pembelajaran, materi dan
metode dilanjutkan proses pembelajaran. Materi yang diberikan mengenai tahapan pengerjaan
produk dari penyiapan alat dan bahan, proses pengerjaan, dan proses finishing. Metode yang
digunakan guru yaitu metode ceramah dan pemberian tugas, sedangkan strategi pembelajaran
yang digunakan yaitu shaping, prompting, dan fading. Evaluasi melalui praktek kerja setiap
tahapan pengerjaan produk. Kedua subyek mampu menyiapkan dan menggunakan peralatan
manual, semi manual serta menguasai sebagian teknik kerja kayu. Kesulitan yang dialami oleh
kedua subyek meliputi, desain produk, penandaan pengukuran bahan dan pengoperasian peralatan
masinal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter