PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN DENGAN MEDIA DAKON PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V A DI SLB N 1 YOGYAKARTA

Angga Adi Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar operasi perkalian bagi siswa Tunagrahita ringan kelas V A SLB N 1 Yogyakarta dalam mata pelajaran matematika menggunakan media dakon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas V A berjumlah 4 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dicapai oleh masing-masing subyek pada hasil tes pra tindakan, pasca tindakan I dan II. Subyek FT pada pra tindakan dan pasca tindakan I dan II masing-masing 50%, 70%, dan 100% sehingga total peningkatan skor sebesar 50%. Subyek HN pada pra tindakan, pasca tindakan siklus I dan II mendapat 40%, 60%, dan 80% total peningkatan 40%. Subyek SS pada pra tindakan, siklus I dan II sebesar 30%, 50% dan 80% total peningkatan sebesar 50%. Sementara subyek WB skor pra tindakan, pasca tindakan siklus I dan II 40%, 70% dan 90% total peningkatan adalah 50%. Hasil pasca tindakan II sudah dapat melebihi KKM sebesar 70.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter