KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL “BOLA PECAHAN” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA TUNANETRA KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Hesvia Nurfadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media model “bola pecahan” terhadap kemampuan pemahaman konsep pecahan pada siswa tunanetra kelas III di SLB-A Yaketunis Yogyakarta.
Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa tunanetra kelas III di SLB-A Yaketunis. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes hasil belajar dan observasi. Analisis data tes hasil belajar dilakukan dengan uji statistik non-paramertik tes wilcoxon serta analisis statistik deskriptif untuk data observasi.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung 0 = Ttabel 0. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media model “bola pecahan” yang dilengkapi dengan tulisan Braille efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep pecahan pada siswa tunanetra kelas III SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga telah memahami konsep pecahan setelah diberikan perlakuan yang ditunjukkan dengan mampu menyebutkan nilai pecahan, membandingkan pecahan berpenyebut sama, serta melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan menggunakan media model “bola pecahan”. Penggunaan media model “bola pecahan” dilakukan dengan cara siswa meraba tulisan Braille dan irisan “bola pecahan” sambil mendengarkan penjelasan dari guru mengenai materi konsep pecahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter