PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN WAKTU MELALUI MEDIA JAM GANDA PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Eko Prastiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika tentang pengukuran waktu
melalui media jam ganda pada siswa cerebral palsy kelas IV Sekolah Dasar di SLB Negeri 1 Bantul.
Jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan
Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Terdiri dari
dua siklus. Subjek penelitian siswa cerebral palsy kelas IV yang berjumlah 2 siswa yang dilakukan
selama satu bulan. Pengumpulan data menyangkut tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media jam ganda dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika tentang pengukuran waktu pada siswa cerebral palsy kelas IV di SLB N 1 Bantul.
Hasil peningkatan prestasi belajar matematika tentang pengukuran waktu dapat dilihat dari persentase
pencapaian yang diperoleh pada kemampuan pra tindakan (pre-test), post-test siklus I, dan post-test siklus
II yang telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yakni sebesar 80%. Subyek DK pada pra
tindakan (pre-test) persentase pencapaian 25%, meningkat menjadi 70% pada post-test siklus I,
meningkat lagi menjadi 80% post-test siklus II. Subyek NN pada pra tindakan (pre-test) persentase
pencapaian 40%, meningkat menjadi 80% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 90% post-test
siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter