PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SLB WIYATA DHARMA 4 GODEAN

Ngesti Winahyu Arum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat melalui
pendekatan kontekstual bagi anak tunarungu kelas V di SLB Wiyata Dharma 4 Godean.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan
McTaggart. Subjek penelitian adalah anak tunarungu kelas V yang berjumlah 3 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan menulis, observasi dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis kalimat melalui
pendekatan kontekstual mengalami peningkatan.Tindakan yang diberikan pada siklus I, meliputi:
memahami pola dasar kalimat, menyusun kata menjadi kalimat dan menulis kalimat tunggal.
Peningkatan terlihat dari hasil pada siklus I meliputi: post test siklus I keterampilan menulis kalimat
didapatkan data yaitu subjek AU dari nilai pre test 55 (kriteria kurang) menjadi 62,50 (kriteria cukup).
Subjek RY dari nilai pre test 57,50 (kriteria kurang) menjadi 67,50 (kriteria cukup). Subjek TB dari nilai
pre test 60 (kriteria cukup) menjadi 75 (kriteria cukup). Setelah diberikan tindakan pada siklus I
mengalami peningkatan dibandingkan dengan pre test, namun peningkatan tersebut belum optimal
sehingga dilakukan tindakan siklus II untuk memperbaiki tindakan siklus I. Tindakan pada siklus II
diberikan dengan memperhatikan hasil refleksi siklus I. Tindakan yang diberikan pada siklus II,
meliputi: memahami pola dasar kalimat dan menyusun kalimat sesuai pola dasar kalimat
menggunakan media kartu kata dan gambar. Hasil evaluasi siklus II masing-masing siswa
menunjukkan peningkatan, yaitu subjek AU memperoleh nilai 75 kriteria cukup, subjek RY
memperoleh nilai 82,50 kriteria baik, dan subjek TB memperoleh nilai 85 kriteria sangat baik.Hasil
evaluasi tindakan siklus II menunjukkan nilai masing-masing siswa melebihi kriteria ketuntasan
minimal sebesar 65 yang sebelumnya telah ditentukan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter