KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA PADA SISWA TUNANETRA KELAS III TINGKAT DASAR DI SLB SEKAR MELATI MUHAMMADIYAH IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA

Erna Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan
pemahaman konsep gerak benda pada siswa tunanetra kelas III tingkat dasar di SLB Sekar Melati Muhammadiyah
Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek tunggal atau Single Subjects
Research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subjek penelitian adalah seorang siswa tunanetra buta total kelas III
SDLB di SLB Sekar Melati Muhammadiyah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi
dan antarkondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran eksperimen efektif terhadap
kemampuan pemahaman konsep gerak benda pada siswa tunanetra kelas III tingkat dasar di SLB Sekar Melati
Muhammadiyah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan persentase jawaban
benar subjek dalam tes pemahaman konsep gerak benda pada fase intervensi dan baseline 2. Dari hasil analisis data
dalam kondisi diketahui bahwa kecenderungan arah pada fase intervensi dan baseline 2 mengalami kenaikan.
Perubahan level menunjukkan adanya perubahan yang meningkat pada fase intervensi (+35%) dan baseline 2
(+5%). Hasil analisis antarkondisi pada komponen perubahan level menunjukkan perubahan yang membaik yaitu
perubahan level pada fase baseline 1 dibandingkan dengan fase intervensi adalah (+10%), sedangkan perubahan
level pada baseline 1 dibandingkan dengan baseline 2 adalah (+35%). Persentase overlap pada fase baseline 1
dibandingkan fase baseline 2 adalah 0%, yang berarti bahwa metode pembelajaran eksperimen berpengaruh positif
(efektif) terhadap kemampuan pemahaman konsep gerak benda pada subjek.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter