STUDI KASUS PEMILIHAN KETERAMPILAN BAGI ANAK AUTISTIK DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Elwis Latifah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengungkap proses pemilihan keterampilan bagi anak
autistik yang telah dilakukan oleh tim di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB N) Pembina
dan sikap anak autistik selama mengikuti keterampilan yang dipilih. Penelitian
berlangsung di SLB N Pembina dengan subjek penelitian wakil kepala sekolah urusan
sentra PK-LK dan anak autistik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi berdasarkan pedoman yang telah dibuat. Teknik pemeriksa keabsahan data
menggunakan trianggulasi sumber dengan: 1) membandingkan hasil wawancara dari
empat informan dan mengkaji dokumen untuk mengetahui proses pemilihan
keterampilan, 2) membandingkan hasil wawancara dengan hasil observasi untuk
mengetahui sikap anak autistik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) keterampilan yang diajarkan merupakan bagian dari
program sekolah sentra, kompetensi ditetapkan secara individual dan proses pemilihan
keterampilan dengan, a) mengumpulkan data tentang potensi anak melalui pengisian
formulir dan pengumpulan dokumen pendukung, b) melakukan observasi kepada anak
selama tiga bulan pada tiga keterampilan yang telah ditentukan berdasarkan potensi, c)
orangtua berdiskusi dengan guru dan memilih keterampilan tekstil; 2) sikap anak autistik
selama mengikuti kegiatan antara lain, a) anak mampu bertanggung jawab atas tugas
yang diberikan dengan tetap mengerjakan tugas selama jam pelajaran dan membereskan
peralatan, meskipun masih memerlukan bimbingan dan bantuan, b) kecepatan respon
anak terhadap instruksi dipengaruhi oleh kerumitan instruksi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter