PENGARUH SENAM OTAK ARM ACTIVATION (MENGAKTIFKAN TANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTISTIK KELAS VI DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Cynthia Aristiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak arm activation terhadap kemampuan
menulis permulaan anak autistik di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-BA.
Subyek penelitian yaitu seorang anak autistik kelas VI. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh bahwa pada kemampuan menulis permulaan subyek terdapat adanya pengurangan terhadap frekuensi
kesalahan dalam mengerjakan soal fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A’). Hasil penelitian ini
menunjukkan penggunaan senam otak arm activation dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis
permulaan anak autistik. Pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan menulis permulaan tersebut ditunjukkan
dengan menurunnya frekuensi pada fase intervensi dan baseline-2 serta didukung dengan presentase overlap
yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2
(A’/B) untuk kemampuan menebalkan yaitu (+2) dan kemampuan menyalin yaitu (+6).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter