PENINGKATAN KEMAMPUAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG MELALUI METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM DI SLB N 1 SLEMAN

Nur Aisyah Amini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak tunagrahita kategori sedang melalui metode direct instruction dalam pembelajaran keterampilan menyulam di SLB N 1 Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita kategori sedang jenjang menengah di SLB N 1 Sleman yang berjumlah 3 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes kemampuan koordinasi mata dan tangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode direct instruction dalam pembelajaran keterampilan menyulam dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak tunagrahita kategori sedang di SLB N 1 Sleman. Hasil peningkatan kemampuan koordinasi mata dan tangan dapat dilihat dari skor pra tindakan dengan skor pasca tindakan II ketiga subjek. Hasil skor pasca tindakan II kemampuan koordinasi mata dan tangan ketiga subjek sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam menggunakan metode direct instruction yaitu dilaksanakan secara bertahap. Kegiatan yang dilakukan secara bertahap memudahkan anak tunagrahita kategori sedang dalam memahami pembelajaran sehingga anak mampu mengerjakan tugas dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes kemampuan koordinasi mata dan tangan yang berupa kegiatan menulis, menggambar, menggunting, dan menyulam yang dilakukan ketiga subjek sudah baik dan memenuhi kriteria keberhasilan yaitu sebesar 60%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter