PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Angginia Danni Ardiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa
Indonesia bagi siswa berkesulitan belajar membaca kelas V di SD Bangunrejo 2 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang
siswa berkesulitan belajar membaca kelas V. Lokasi penelitian adalah di SD Bangunrejo 2
Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan
menggunakan bahan referensi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara reduksi
data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat kegiatan pokok yang
dilakukan guru, yaitu: (1) kegiatan pembuka pembelajaran, (2) kegiatan inti pembelajaran, (3)
kegiatan penutup pembelajaran, dan (4) kegiatan evaluasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter