MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA TUNANETRA KELAS 2 SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Nico Pratama Suharto Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orientasi dan mobiltas melalui metode demonstrasi melawat mandiri pada siswa tunanetra kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dalam melawat mandiri dapat meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas 2 di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas yang terus meningkat dari awal pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Siklus I siswa tunanetra diberikan tindakan mendemonstrasikan yaitu guru mencontohkan terkait teknik melawat mandiri kemudian siswa melakukan yang dicontohkan oleh guru, dan siklus II diberikan tindakan mendemonstrasikan dan reward berupa pujian ketika siswa tunanetra mampu melaksanakan materi melawat mandiri yang diajarkan. Hasil pra tindakan dalam melawat mandiri FR memperoleh skor 20 dengan presentase keberhasilan 50%, meningkat 10% pada siklus I memperoleh skor 24 dengan presentase keberhasilan 60%, dan meningkat 17,5% pada siklus II dengan perolehan skor 31 dengan presentase keberhasilan 77,5%. Hasil pra tindakan melawat mandiri KN memperoleh skor 25 dengan presentase keberhasilan 62,5%, meningkat 12.5% pada siklus I memperoleh skor 30 dengan presentase keberhasilan 75%, dan meningkat 17.5% pada siklus II dengan perolehan skor 37 dengan presentase keberhasilan 92,5%. Kedua Subjek telah berhasil melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter