PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE VAKT (VISUAL AUDITORI KINESTETIK TAKTIL) UNTUK ANAK AUTIS KELAS I DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Lusy Destiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan metode VAKT (Visual Auditori Kinestetik Taktil) pada anak autis kelas I di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (kolaborasi). Subjek penelitian yaitu seorang anak autis kelas I di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan dapat meningkat dengan menggunakan metode VAKT (Visual Auditori Kinestetik Taktil) anak autis kelas I di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 12,5% dari kemampuan awal 45 menjadi 57,5. Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis permulaan dalam menebalkan huruf, menebalkan kata, menyalin kata, dan menyalin kalimat sederhana. Hasil siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu 65. Peneliti dan guru merencanakan perbaikan dan tindakan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada siklus I agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil obeservasi dan tes, subjek pada awalnya mengalami permasalahan kemampuan menulis permulaan setelah mendapat tindakan, kemampuan menulis permulaan meningkat. Peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 26,25% dari kemampuan awal 45 menjadi 71,25.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter