PELAKSANAAN ASESMEN UNTUK LAYANAN PENDIDIDKAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Fithroh Roshinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan asesmen untuk layanan pendidikan
anak autis di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tim asesmen di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita
tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi.
Instrumen yang digunakan yaitu panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Pengujian keabsahan
data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi, bahan referensi, serta member check. Teknik
analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) pelaksanaan
asesmen di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta terbagi ke dalam tiga tahapan yaitu a)
persiapan, meliputi: koordinasi dengan orangtua, persiapan guru pengampu dan instrumen; b)
pengumpulan data asesmen, mencakup metode dan instrumen yang digunakan; dan c) tindak lanjut hasil
asesmen mencakup: penyusunan profil asesmen, case conference dan penyusunan PPI; 2) tim asesmen
menghadapi beberapa kendala baik yang muncul dari orangtua, siswa, tim asesmen, maupun dalam teknis
pelaksanaannya; 3) beberapa upaya yang dilakukan meliputi; komunikasi dengan orang tua, melakukan
sharing antar anggota tim asesmen, melakukan pembagian tugas antar anggota tim asesmen, melakukan
diskusi secara internal, dan memberikan asesmen berulang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter