PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE MULTISENSORI PADA ANAK TUNARUNGU PADA KELAS II SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNAS BHAKTI PLERET BANTUL

Fandian Zona Rukmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata melalui metode multisensori pada anak tunarungu kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunarungu kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penguasaan kosakata, observasi terhadap partisipasi siswa, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan antara skor tes pra tindakan dan skor tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak tunarungu kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Peningkatan pada ketiga subjek adalah Ed mengalami peningkatan 31% dengan kategori baik, Fm mengalami peningkatan 38% dengan kategori baik dan Vn mengalami peningkatan 35% dengan kategori baik, serta semua subjek sudah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 70. Proses peningkatan penguasaan kosakata tersebut dimulai dari kosakata benda tentang diri sendiri menyangkut anggota tubuh, benda sekitar menyangkut peralatan rumah tangga dan alat transportasi dan kosakata kerja tentang aktifitas sehari-hari menyangkut aktifitas yang dilakukan anak. Metode multisensori ini dilakukan secara berulang dan pada setiap tahapan pembelajaran guru memberikan penguatan secara verbal dan non verbal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter