EFEKTIVITAS TOILET TRAINING DENGAN METODE DISCRETE TRIAL TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TOILETING PADA SISWA ADHD KELAS I DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

WULAN KOERNIANDARU

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan toilet training dengan metode discrete trial training dalam upaya peningkatan kemampuan toileting. Efektivitas penerapan toilet training dengan metode DTT tersebut dapat dilihat dari pengaruh yang dihasilkan, yaitu berupa peningkatan kemampuan toileting (BAK) pada subjek penelitan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek tunggal atau Single Subjects Research dengan desain A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan seorang siswa ADHD berusia ±10 tahun dan berjenis kelamin perempuan di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik garis. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toilet training dengan metode discrete trial training efektif terhadap kemampuan toileting. Hal ini dapat dilihat pada hasil pengukuran fase baseline 2 dibandingkan dengan fase baseline 1. Terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan BAK subjek setelah diberikan intervensi dibandingkan dengan sebelum diberikan intervensi. Subjek telah memiliki kemampuan dalam upaya bantu diri ketika akan BAK. Kemampuan tersebut berupa kemampuan untuk pergi ke toilet ketika akan BAK. Persentase overlap juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intervensi yang sangat positif (efektif) terhadap perilaku/ kemampuan sasaran. Pengaruh positif tersebut memicu terjadinya peningkatan terhadap kemampuan BAK di toilet pada siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter