PEMBELAJARAN FINGER PAINTING PADA ANAK AGRESIF DI SEKOLAH LUAR BIASA PRAYUWANA YOGYAKARTA

AMUS DONATUS KULUNG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran finger painting pada anak agresif
di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Subjek penelitian
yaitu kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran finger painting pada anak agresif di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta
tahapannya meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan yang dilakukan oleh
guru yaitu mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembelajaran finger painting. Pada
tahap pelaksanaan pembelajaran guru memberikan contoh cara melakukan finger painting dengan
menempelkan alas tempat melukis di papan lukis. Pada tahap evaluasi guru memberikan penguatan
positif, motivasi, dan reward. Guru mengumpulkan hasil karya anak dan memberikan pujian kepada
anak yang berhasil melakukan finger painting dengan rapi. Pembelajaran menggunakan finger
painting dianggap berhasil karena mampu membuat siswa tenang dan lebih fokus serta mudah
dikendalikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter