EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU KOMUNIKASI BERBASIS AUGMENTATIVE AND ALTERNATIVE COMMUNICATION (AAC) DALAM KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK AUTIS DI SLB N 1 BANTUL

SUMUNAR PRAPTI MANGESTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media buku komunikasi berbasis
Augmentative and Alternative Communication dalam kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis kelas VII
SMPLB di SLB N 1 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain AB-
A. Subyek dalam penelitian ini yaitu seorang siswa autis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
kemampuan bahasa ekspresif. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam
bentuk grafik. Berdasarkan analisis antarkondisi yang telah dilakukan, buku komunikasi terbukti efektif untuk
kemampuan bahasa ekspresif anak autis. Hal ini ditandai dengan perubahan kecenderungan arah dan efek
pada penelitian ini adalah menurun dengan efek (-) pada fase baseline 1, kemudian menaik dengan
efek (+) pada fase intervensi, dan kembali menaik dengan efek (+) pada fase baseline 2. Perubahan
kecenderungan stabilitas dari masing-masing fase adalah stabil pada fase baseline 1, mengarah ke
stabil pada fase intervensi, dan kembali stabil pada fase baseline 2. Perubahan level dari fase baseline
1 menuju fase intervensi adalah sebesar (+18 %) dan perubahan level dari fase intervensi menuju fase
baseline 2 adalah sebesar (+4%). Persentase data yang overlap pada masing – masing fase adalah 0%.
Pada akhir sesi fase baseline 2 kemampuan bahasa ekspresif anak meningkat mencapai level 92 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter