PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN, YOGYAKARTA

ISNAINI MUKARROMAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pelaksanaan kurikulum adaptif di
sekolah penyelenggara pendidikan inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive
sampling dan diperoleh tiga subjek penelitian, yaitu kepala sekolah, Guru PembimbingKhusus,dan guru Kelas SD
Negeri Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Waktu pelaksanaan
penelitian ini yaitu pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Juli 2016. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan reduksi data (penyederhanaan), data display, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data
yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) sudah ada
kurikulum adaptif di SD Negeri Giwangan Yogyakarta, (2) kurangnya kerjasama antara guru kelas dan Guru
Pembimbing Khusus dalam pelaksanaan kurikulum adaptif di SD Negeri Giwangan Yogyakarta, (3) belum adanya
standar administratif yang baku dari pemerintah terkait kurikulum adaptif di sekolah penyelenggara pendidikan
inklusi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter