PENERAPAN AKOMODASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI JAGAMANGSAN 1 BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Vivi Istikanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan akomodasi pembelajaran
bagi anak berkesulitan belajar membaca pemahaman di kelas III Sekolah Dasar Negeri
Jagamangsan 1 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana
penerapan akomodasi pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar membaca pemahaman di
kelas III SD Negeri Jagamangsan 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah guru kelas, guru pendamping khusus, dan siswa kelas III SD N
Jagamangsa 1. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan aspek akomodasi materi dan cara pembelajaran secara
bertahap dengan pengulangan, pertanyaan dan jawaban secara langsung sangat membantu
anak dalam memahami materi. Penerapan aspek akomodasi lingkungan belajar dengan tutor
sebaya dalam kelompok kecil memudahkan anak memahami bacaan. Penerapan aspek
akomodasi tuntutan dan waktu penjadwalan dengan memberikan waktu khusus pada anak
berkesulitan belajar memudahkan dalam menyelesaikan tugas. Penerapan aspek akomodasi
tugas dan penilaian kelas dengan menuliskan tugas atau pekerjaan di papan tulis
memudahkan anak menulis tugas yang dikerjakan di rumah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter