PERSEPSI GURU TENTANG PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK AUTISTIK USIA REMAJA DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Santiana Nur Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai persepsi guru tentang perkembangan dan pendidikan seksual anak autistik usia remaja di SLB Autis Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Persepsi guru dalam penelitian ini terdiri dari aspek pengetahuan dan pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga guru anak autistik usia remaja. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengetahuan guru mengenai perkembangan seksual anak autistik usia remaja sudah sesuai yaitu secara umum anak autistik mengalami perkembangan yang sama dengan anak pada umumnya. Perbedaannya hanya pada cara mengekspresikannya, anak autistik cenderung menyalurkan seksualnya kepada diri sendiri dan orang lain. 2) guru menganggap pendidikan seksual sangat penting diberikan kepada anak autistik yang mulai memasuki usia remaja. 3) pendidikan seksual diberikan oleh guru secara insidental karena di sekolah belum memiliki kurikulum tentang pendidikan seksual sehingga guru belum memiliki pedoman dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak autistik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter