PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT PERMEN ASEM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS DEPOK SLEMAN

Rista Santani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat permen asem pada anak tunagrahita ringan di SLB Yapenas Depok Sleman, mencakup proses pelaksanaan, ketercapaian hasil, dan upaya guru mengatasi hambatan pembelajaran keterampilan membuat permen asem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah dua siswa tunagrahita ringan dan satu orang guru keterampilan. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat permen asem pada anak tunagrahita ringan di SLB Yapenas Depok Sleman, meliputi langkah pembelajaran antara lain: (a) menyiapkan alat dan bahan, (b) proses memasak adonan, (c) pembentukan bulatan permen asem, (d) pengemasan permen asem yang sudah dibentuk, (e) membersihkan tempat dan alat memasak dan mengembalikan ke tempat semula. Metode yang digunakan yaitu ceramah, demonstrasi, dan pemberian tugas. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu shaping, prompting, dan fading, guru memulai dengan memberikan contoh kemudian anak menirukan tahapan yang dicontohkan, namun pada tahapan mempersiapkan adonan dengan takaran sesuai resep pembuatan permen asem anak perlu dibantu guru. Ketercapaian hasil yang dapat di capai selama ini adalah anak tunagrahita mampu membuat produk permen asem sendiri. Bahkan hasil pembuatan permen asem oleh anak tunagrahita di SLB Yapenas Depok Sleman memiliki nilai jual bisa sampai kepasaran. Sehingga selain untuk mengembangkan keterampilan membuat permen asem, langsung dapat mengadaptasikannya pada suatu pekerjaan yang terlindung menjadi karyawan di sekolah tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter