PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI PURBALINGGA

Rahayu Dwi Putriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis dan kemampuan
menulis deskripsi menggunakan metode karyawisata untuk siswa tunarungu kelas X di SLB Negeri
Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi menggunakan model yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan subjek empat
siswa tunarungu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi
peningkatan partisipasi siswa dan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis terlihat siswa
lebih senang dan tertarik mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan nilai rerata kemampuan menulis
deskripsi pada siklus I sebesar 11,25, yang kondisi awal 58,75, meningkat menjadi 70 dan peningkatan
nilai rerata kemampuan menulis deskripsi pada siklus II sebesar 25, yang kondisi awal sebesar 58,75,
meningkat menjadi 83,75.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter