PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIFITAS JUAL BELI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I SMLB DI SLB NEGERI BANJARNEGARA DALAM PENGGUNAAN MATA UANG

Muthia Irhamnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jual
beli pada anak tunagrahita ringan kelas I SMLB di SLB Negeri Banjarnegara dalam penggunaan mata
uang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Penentuan sampel penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Informan dalam
penelitian ini adalah guru mata pelajaran mengenai aktifitas jual beli sebanyak 2 orang dan peserta didik
anak tunagrahita di SLB Negeri Banjarnegara sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisa dengan
teknik kualitatif dengan beberapa komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan serta
verifikasinya. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian
dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas jual beli pada anak tunagrahita
ringan kelas I SMLB di SLB Negeri Banjarnegara dalam penggunaan mata uang dilakukan dengan
praktik dagang secara langsung. Kendala yang dialami dalam mengajar anak-anak tunagrahita khususnya
dalam proses pembelajaran aktivitas jual beli dalam penggunaan mata uang antara lain: terkadang anak
kurang fokus saat diajarkan pembelajaran jual beli, anak kurang mampu dalam menawarkan barang
dagangannya, anak mudah marah apabila ada teman yang meledek. Upaya yang dilakukan guru SLB
Negeri Banjarnegara dalam meminimalisir kendala dalam pembelajaran aktivitas jual beli dengan
penggunaan mata uang yaitu membimbing anak dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar
anak tidak mudah bosan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter