PELAKSANAAN PENGEMBANGAN PERSEPSI BUNYI SISWA TUNARUNGU KELAS TAMAN KANAK-KANAK DI SLB TUNAS BHAKTI PLERET

Hestu Marjanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pengembangan persepsi bunyi yang dilakukan guru kelas Taman Kanak-Kanak, (2) tahapan pelaksanaan pengembangan persepsi bunyi di kelas Taman Kanak-Kanak, (3) sarana yang digunakan dalam pelaksanaan pengembangan persepsi bunyi di kelas Taman Kanak-kanak, dan (4) evaluasi hasil belajar yang dilakukan guru kelas Taman Kanak-kanak dalam pelaksanaan pengembangan persepsi bunyi.. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas Taman Kanak-kanak dan empat orang siswa tunarungu kelas Taman Kanak-kanak yang mengikuti pelaksanaan pengembangan persepsi bunyi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun perencanaan meliputi kegiatan, sarana, metode, dan evaluasi. Perencanaan tersebut belum dituangkan dalam bentuk tulisan. Tahapan pelaksanaan pengembangan persepsi bunyi dimulai dari tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan pemberian tugas. Sarana pengembangan persepsi bunyi meliputi tenaga pendidik dan sarana fisik (ruang dan media), sedangkan media yang digunakan adalah drum. Teknik tes yang digunakan adalah tes perbuatan dan pengamatan dengan kemampuan deteksi bunyi subjek Hn 60%, BK 70%, SF 80%, dan MT 80% dengan kategori baik sekali dan baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter