EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB WIDYA MULIA PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

Siti Ni'mah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media game edukatif terhadap
kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas Dasar II di SLB Widya Mulia Pundong Bantul
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research). Subjek penelitian yaitu
satu orang anak cerebral palsy kelas Dasar II di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan desain penelitian A1–B–A2. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan
tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif
melalui pengamatan langsung pada grafik dan tabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahap analisis meliputi
analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian, analisis data dan pembahasan menunjukkan
bahwa media game edukatif efektif terhadap kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas
Dasar II di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. Efektifitas ditunjukkan dengan data tumpang
tindih (overlap) dalam analisis antar kondisi A1/B, B/A2, dan A1/A2 sebesar 0% yang berarti semakin
kecil presentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh intervensi terhadap perilaku sasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter