IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA AKOMODATIF PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SD INKLUSI NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Sayidah Alawiyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika akomodatif pada siswa berkesulitan belajar di SD Inklusi Negeri Giwangan Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian meliputi guru kelas, guru pembimbing khusus, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Inklusi Negeri Giwangan telah melakukan asesmen kepada siswa berkesulitan belajar matematika. Asesmen tersebut meliputi asesmen psikologis dan asesmen akademik. Program pendidikan individual (PPI) disusun sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan belajar siswa. Akomodasi dalam pembelajaran matematika meliputi: 1) akomodasi materi dan cara pengajaran, 2) akomodasi tugas dan penilaian, 3) akomodasi waktu, serta 4) akomodasi lingkungan belajar. Keempat akomodasi tersebut belum terlaksana secara optimal, terutama dalam penggunaan media dan metode. Guru pembimbing khusus memiliki peran yang lebih dominan daripada guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran matematika akomodatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter