PEMBELAJARAN VOKASIONAL ADAPTIF BAGI SISWA AUTIS DALAM BIDANG KETERAMPILAN MEMBATIK DI SLB FREDOFIOS

Muhaimi Mughni Prayogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk adaptasi proses pembelajaran
vokasional bagi siswa autis dalam bidang keterampilan membatik di SLB
Fredofios yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode
penelitian ini kualitatif berdasarkan studi kasus. Berdasarkan teknik purposive,
subjek penelitian ialah guru beserta asisten keterampilan membatik, dan tiga
orang siswa autis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan ketekunan peneliti, triangulasi
dan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini ialah keterampilan
membatik dapat diajarkan sebagai pembelajaran vokasional bagi siswa autis
dengan adaptasi. Adaptasi tersebut ialah penyesuaian pembelajaran keterampilan
membatik pada umumnya terhadap karakteristik dan kemampuan siswa autis.
Perencanaan pembelajaran disusun dari hasil asesmen kemampuan awal siswa.
Materi yang diajarkan merupakan materi yang mudah dan aman yakni batik
jumputan dan batik lukis pada umumnya tanpa ada pengurangan, penambahan,
atau penggantian alat, bahan, serta tahapan membatik. Strategi pembelajaran
bagi MHAS ialah pemberian instruksi verbal yang jelas dan satu per satu karena
MHAS kurang inisiatif dalam mengikuti pembelajaran dan sulit memahami
instruksi verbal yang panjang. Strategi pembelajaran bagi SP ialah bimbingan
fisik dan arahan verbal di setiap tahapan membatik karena memiliki emosi yang
meledak-ledak sehingga tidak ada penyelesaian tugas. Strategi pembelajaran bagi
ANW ialah arahan verbal dalam perpindahan dari tahapan satu ke tahapan
membatik karena ANW tidak mampu mengorganisir tahapan membatik. Adaptasi
pada media pembelajaran ialah penggunaan benda asli dan gambar. Adaptasi pada
proses evaluasi ialah penggunaan soal tes berupa gambar dan toleransi pada siswa
untuk menjawab soal dengan cara menunjuk gambar atau benda asli.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter