PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCOCOK TANAM SAWI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PENGGUNAAN MODUL DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN

Nirmala -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran keterampilan bercocok tanam sawi, (2) meningkatkan keterampilan bercocok tanam sawi bagi anak tunagrahita ringan melalui penggunaan modul di SLB Negeri 1 Sleman. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (kolaborasi). Subjek penelitian berjumlah 2 anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) tes, dan (2) observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses ditunjukkan oleh: (1) peningkatan keaktifan anak tunagrahita ringan selama proses keterampilan bercocok tanam sawi, dan (2) keberanian anak dalam menanggapi pertanyaan dari guru. Peningkatan keterampilan bercocok tanam sawi anak tunagrahita ringan ditunjukkan dari peningkatan nilai rerata pada siklus I sebesar 2,03, yang kondisi awal 61,25 meningkat menjadi 63,28 dan peningkatan nilai rerata pada siklus II sebesar 27,5, yang kondisi awal 61,25 meningkat menjadi 88,75. Selain itu, dari ke tujuh tahapan yang ada dalam siklus I dan ke enam tahapan bercocok tanam sawi yang ada dalam siklus II, anak dapat dikatakan sudah sangat terampil pada saat mempersiapkan alat dan bahan, mempersiapkan lahan, serta pembenihan dalam bercocok tanam sawi. Pada saat mempraktikkan ketiga tahapan tersebut, anak dapat secara mandiri dan cekatan melakukan tahapan-tahapannya tanpa bantuan guru dan hasilnya sesuai dengan petunjuk modul. Sedangkan pada tahapan penanaman, perawatan, dan pemanenan, anak sudah dapat dikatakan terampil, meskipun anak dapat melakukannya secara mandiri tetapi hasilnya masih belum sesuai dengan petunjuk modul.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter