PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VI DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Amirudin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran serta kesulitan yang dialami
guru dan siswa tunanetra dalam pelaksanaan pembelajaran kesehatan reproduksi dan cara mengatasinya.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah dua guru dan empat siswa tunanetra. Objek penelitian ini berupa pendidikan kesehatan
reproduksi yang meliputi komponen pendidikan kesehatan reproduksi, dan kesulitan yang dialami guru dan siswa
tunanetra. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa proses pembelajaran pendidikan kesehatan reproduksi yang dilaksanakan di SLB A YAKETUNIS
Yogyakarta sudah sesuai dengan tujuan pendidikan. Temuan hasil penelitian berdasarkan wawancara dan
observasi, kurikulum pendidikan kesehatan reproduksi telah dimodifikasi oleh pihak sekolah dengan menyesuaikan
kondisi dan kebutuhan peserta didik. Kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran adalah media yang
disediakan untuk pembelajaran kesehatan reproduksi masih terbatas dan siswa merasa belum nyaman dan
menganggap pembelajaran kesehatan reproduksi tabu untuk dibahas, solusinya guru berupaya membuat situasi dan
kondisi yang nyaman sehingga secara perlahan siswa mulai terbuka dengan guru. Kesulitan yang dialami siswa
dalam pembelajaran adalah siswa kesulitan menjelaskan kembali dan pengetahuan dasar siswa tentang kesehatan
reproduksi masih kurang, solusinya yaitu siswa diajak guru untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan
temannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter