PEMBELAJARAN MEMBATIK BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Manika Raimuna

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membatik bagi anak autis meliputi pelaksanaan pembelajaran, kemampuan membatik, serta kesulitan dan upaya guru dalam menanganinya. Penelitian ini penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta dengan subjek seorang guru membatik, seorang mantan guru membatik, serta tiga siswa autis. Peneliti adalah instrumen utama dengan metode pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kredibilitas dan keabsahan data dengan triangulasi, member check, dan rekaman mekanis. Analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran membatik telah disesuaikan dengan karakteristik anak autis, seperti menggunakan tahapan membatik yang telah disederhanakan, serta pendekatan individual. Ketiga subjek mampu melaksanakan semua tahapan membatik dengan hasil karya yang beragam dikarenakan oleh perbedaan karakteristik dan kemampuan. Kesulitan dalam pembelajaran disebabkan oleh faktor siswa, faktor guru, serta faktor sarana prasarana yang saling mempengaruhi dan upaya guru dalam mengatasinya terbatas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter