PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA TUNALARAS KELAS IV DI SLB-E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Rochanah Ruri Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan sosial menggunakan metode role playing pada siswa
tunalaras kelas IV di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Keterampilan sosial dalam penelitian ini adalah kemampuan
siswa tunalaras kelas IV SLB-E Prayuwana Yogyakarta, yaitu mau menolong teman, mendengarkan pendapat teman
dan merasakan penderitaan teman. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa tunalaras kelas IV SLB-E Prayuwana Yogyakarta Yogyakarta yang berjumlah 2 siswa. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi dan panduan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 80% keterampilan sosial siswa tunalaras kelas IV
mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial pada siswa tunalaras kelas IV di
SLB Prayuwana Yogyakarta dapat ditingkatkan melalui metode role playing. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang
dicapai sebelum tindakan, keterampilan sosial siswa tunaalras rata-rata mencapai persentase 33,33% dengan kriteria
kurang. Peningkatan keterampilan sosial siswa tunalaras kelas IV pada siklus I, mencapai persentase 61,11% dengan
kriteria cukup. Pada siklus II, keterampilan sosial siswa tunalaras kelas IV mencapai rata-rata persentase 94,44%
dengan kriteria baik. Langkah-langkah role playing yang efektif dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) memberikan
arahan kepada siswa untuk mendalami setiap peran yang dilakukan, dan memberikan kesempatan untukmemilih peran
yang paling disuka, (2) mengulas tentang makna yang terkandung dalam peran, dan memberikan kesempatan pada
siswa untuk mengulang dialog sesuai dengan peran yang dilakukan, (3) setting role playing dilakukan di tepi jalan
raya dekat sekolah dan mengajak siswa untuk observasi di pasar Ngasem agar lebih mendekatkan siswa pada realitas
kegiatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter