PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE FINGER PAINTING PADA ANAK AUTIS KELAS III SDLB DI SLB NEGERI 1 SLEMAN

Puput Fajar Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan
menggunakan metode finger painting pada anak autis kelas III SDLB di SLB N 1
Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu satu
siswa autis kelas III SDLB di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa
metode finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak autis
kelas III SDLB di SLB Negeri 1 Sleman serta telah memenuhi kriteria keberhasilan
sebesar 75%. Peningkatan yang terjadi sampai pada siklus II yaitu sebesar 29,63%,
kemampuan awal 53,7% menjadi 83,33%. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan
dapat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan : 1) kekuatan jari maupun tangan, 2)
koordinasi antara mata dengan tangan, 3) fleksibilitas atau kelenturan jari dan telapak
tangan secara mandiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter