PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI KETERAMPILAN PAPER QUILLING DI SLB ABCD TUNAS KASIH DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN.

Nurul Inayah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita sedang kelas III SDLB di
SLB ABCD Tunas Kasih Donoharjo. Subjek penelitian berjumlah dua orang. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil peningkatan
menunjukkan bahwa subyek RF pada siklus I dari kemampuan awal 46,66 dengan
kategori kurang menjadi 64,44 dengan kategori sedang, kemudian meningkat menjadi
82,22 dengan kategori baik. Subyek PY dari kemampuan awal 51,55 dengan kategori
kurang menjadi 66,66 dengan kategori sedang kemudian meningkat menjadi 91,11
dengan kategori baik. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan paper quilling dapat
digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang yaitu
dalam aktifitas menghubungkan titik-titik mengikuti pola, memasukkan benang ke dalam
lubang jarum, gerakan menjumput manik-manik dan menebalkan garis dengan
memberikan bimbingan khusus berupa pendampingan individual terhadap siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter