STUDI KASUS HUBUNGAN SOSIAL ANAK AUTIS DISEKOLAH AUTIS AROGYA MITRA KLATEN

Muhammad Kamal Suryono

Abstract


Penelitian bertujuan mengungkap kemampuan hubungan sosial anak autis di Sekolah
Autis Arogya Mitra Klaten yang mencakup kemampuan interaksi, kemampuan
komunikasi dan berbahasa, serta kemampuan perilaku. Jenis penelitian adalah studi
kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang siswa autis di Sekolah Autis Arogya Mitra
Klaten.. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Proses analisis data
dilakukan melalui tiga alur kegiatan: reduksi data, display data, dan kesimpulan.
Keabsahan data diperoleh dari teknik trianggulasi yaitu pengecekan data (cek-ricek dan
cross-cek). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan
dalam ketiga aspek hubungan sosial yang meliputi kesulitan dalam berinteraksi. Kesulitan
dalam berkomunikasi dan berbahasa, serta kesulitan dalam berperilaku. Subjek
mengalami hambatan internal yaitu kurangnya kemandirian dan tidak adanya komitmen/
motivasi untuk membangun sebuah hubungan sosial. Hambatan eksternal meliputi
keterbatasan waktu sang ibu dan perbedaan strategi pembelajaran yang diterapkan di
kelas formal dan kelas tambahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter