PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM (PECS) PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH AUTIS-HIPERAKTIF AROGYA MITRA AKUPUNTUR KLATEN JAWA TENGAH

Mahardhika Hevi Kusumastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dalam pembelajaran di kelas formal melalui Picture Exchange Communication System (PECS) pada anak autis level dasar di Sekolah Autis-Hiperaktif Arogya Mitra Akupuntur Klaten Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak satu orang yang berada di kelas formal Sekolah Autis-Hiperaktif Arogya Mitra Akupuntur. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PECS dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis di Sekolah Sekolah Autis-Hiperaktif Arogya Mitra Akupuntur. Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya skor pencapaian kemampuan bahasa ekspresif, peningkatan kemampuan kemampuan bahasa ekspresif ditandai dengan: 1) dapat menunjuk sesuatu yang diinginkan, 2) dapat mengimitasi kata dengan benar, 3) dapat melabel gambar dengan tepat, 4) dapat menentukan pilihan secara konsisten dan 5) dapat mengatakan apa yang diinginkan secara verbal dengan jelas. Peningkatan subyek dari kemampuan awal sebesar 36,6% menjadi 73,3% pada siklus II, peningkatan tersebut diperoleh dengan tindakan pembelajaran kemampuan bahasa ekspresif melalui PECS. Kesimpulan akhir adalah melalui PECS kemampuan bahasa ekspresif anak autis meningkat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter